Materi #4..Menulis Penawaran yang Membius

Materi #4..Menulis Penawaran yang Membius

 

Jikaย  kita sudah belajar tentang frasa-frasa yang bisa digunakan untuk membuat Headline, Kalimat Pengantar, dan Menyampaikan Detail Manfaat. Maka di materi kali ini Saya akan membahas sisanya. ๐Ÿ˜Š

Melanjutkan dari materi yang diatas, dalam Elemen Copywriting, masih ada
(4) Penawaran
(5) Alasan
(6) CTA, dan
(7) NB

Nah, tanpa berlama-lama lagi, kita mulai masuk materi aja yuk. Kalau pakai basa basi, nanti kepanjangan, hehe ๐Ÿ˜

Mulai ya. .

PENAWARAN

Penawaran adalah poin penting dalam iklan.
Jika penawarannya kurang kuat, maka biasanya orang tidak akan tergerak untuk membeli.

Ciri-ciri penawaran yang baik adalah penawaran yang mampu membuat Anda sendiri jadi antusias.
Maksudnya, jika Anda adalah calon pembeli, dan Anda diberikan penawaran seperti itu, maka Anda akan tertarik.

Jika Anda menganggap penawarannya biasa-biasa saja, apalagi pembaca iklan Anda, hehe

Jadi, yakinkan diri Anda sendiri, sebelum Anda menjual kepada orang lain.
Karena kata guru Saya, salah satu pengertian dari jualan adalah Transfer keyakinan.

Semakin yakin penjualnya, biasanya semakin laris produknya, hehe.

Nah, untuk membantu Anda dalam menulis penawaran yang menarik, Anda bisa gunakan frasa-frasa ini

– Beruntungnya . . .
– Tahukah Anda . . .
– Khusus . . .
– Itu artinya Anda hemat. . .
– Untuk . . . ini hanya . . .
– Tidak hanya itu, . . .

Contohnya begini

– Beruntungnya untuk Anda yang memutuskan memiliki produk ini sekarang, Anda akan dapat (beritahu penawarannya)

– Tahukah Anda ada penawaran spesial untuk yang transaksi sebelum pukul 21.00 WIB, yaitu (beritahu penawarannya)

– Khusus untuk Anda yang mendaftar di minggu ini, Anda akan dapat (beritahu penawarannya)

– Itu artinya Anda hemat Rp. 300.000 untuk bisa memiliki produknya sekarang

– Untuk memiliki dress cantik ini, harganya hanya (beritahu penawarannya)

– Tidak hanya itu, Saya bahkan belum katakan bahwa Anda juga akan dapat (beritahu penawarannya)

Beberapa tips dalam menulis penawaran yang perlu Anda ketahui

1. Jabarkan nominal
Jika penawaran Anda adalah potongan harga, maka beritahu berapa uang yang bisa dihemat oleh calon pembeli

2. Rincikan Bonusnya
Jangan hanya menyebutkan nama bonusnya, tapi beritahu juga nilai yang dimiliki bonus yang Anda tawarkan. Itu akan membuat penawaran Anda lebih menarik.
Jika bonusnya lebih dari satu, maka tuliskan dalam bentuk poin-poin

3. Buat harganya masuk akal
Pada dasarnya tidak ada harga yang mahal. Yang ada hanya produk yang tidak dijelaskan dengan baik, atau produk yang ditawarkan ke target pasar yang salah.
Karena itu, jika Anda merasa produk Anda memiliki harga yang berbeda di banding produk sejenis, maka Anda perlu menjelaskan kenapa harganya bisa sebesar itu.
Jika penjelasan Anda masuk akal, maka semakin besar kemungkinan pembaca copywriting Anda untuk tergerak membeli.

Setelah penawaran, maka Anda perlu meyakinkan pembaca copywriting Anda.
Kita masuk ke bagian berikutnya

ALASAN

Bagian ini gunanya untuk menjelaskan kenapa produknya harus dibeli sekarang bukan nanti-nanti.
Kebanyakan orang tidak mencantumkan ini di iklan mereka.
Padahal, jika tidak dijelaskan alasannya dengan gamblang, maka calon pembeli selalu punya pilihan untuk menunda.

Tunda aja terus, sampai ganti tahun nanti gak juga jadi beli, hehe. ๐Ÿ˜†

Frasa yang bisa Anda pakai untuk bagian ini contohnya

– Apa kata mereka yang telah . . .
– Tahukah Anda bahwa sebanyak. . .
– Untuk membuat Anda lebih yakin, maka Saya akan. . .
– Sampai detik ini, saya telah menangani . . .
– Sayangnya penawaran ini berlaku sampai . . .
– Inilah X alasan kenapa. . .

Contoh penulisannya

– Apa kata mereka yang telah terlebih dahulu menjadi mitra kami. (Tuliskan testimoninya)

– Tahukah Anda bahwa sebanyak 3.173 orang telah terdaftar dalam program ini, itu artinya orang sebanyak itu (tuliskan kalimat untuk mempengaruhi)

– Untuk membuat Anda lebih yakin, maka Saya akan berikan garansi, yaitu (tuliskan garansinya)

– Sampai detik ini, saya telah menangani lebih dari 1.300 klien dan dari sebanyak itu ada yang bercerita (Tuliskan cerita sukses konsumen sebelumnya)

– Sayangnya penawaran ini berlaku sampai hari Rabu saja, setelah itu Diskon dan Bonusnya akan hangus

– Inilah 5 alasan kenapa Anda harus memiliki produk ini. (Tulis Alasannya)

Tips saat Anda menulis alasan

1. Tampilkan testimoni-testimoni terbaik
Jangan cantumkan testimoni asal, tunjukan testimoni yang menunjukan konsumen sebelumnya mendapatkan keuntungan yang sepesifik. Semakin besar dan spesifik manfaat yang di dapatkan konsumen sebelumnya, itu akan meyakinkan pembaca iklan Anda.

2. Sebutkan dengan detail
Jika ingin mencantumkan nilai, sebutkan dengan rinci. Jangan tulis ratusan atau ribuan, karena sekali lagi, spesifik akan menaikan kepercayaan pembaca kepada diri Anda.

3. Jelaskan bahwa Anda bisa dipercaya
Tunjukan bahwa Anda adalah orang yang tepat untuk mereka percaya. Ingat, setiap orang cenderung mencari rasa aman. Pembeli takut di tipu dan takut merasa bodoh.

4. Perjelas batasannya
Katakan apa kerugian yang harus mereka tanggung jika menunda mengambil penawaran Anda. Kerugiannya bisa dari segi ekonomis atau psikologis.

Semakin kuat alasan yang Anda jelaskan dalam iklan Anda, maka itu akan membuat iklan Anda menjadi sangat membius. Karena itu jangan lupakan bagian ini.

Nah, setelah alasannya sudah di jabarkan, waktunya membuat pembaca untuk melakukan sesuatu.

CTA

CTA adalah bagian dalam copywriting yang berfungsi untuk mengarahkan pembaca iklan Anda untuk melakukan sesuatu. Kalau tidak ada CTAnya, mungkin itu bukan copywriting tapi cerpen, hehe

Frasa yang umum digunakan

– Untuk pemesanan silahkan klik (lampirkan link untuk order)
– Agar segera terdaftar, silahkan langsung balas pesan ini dengan (format balasnya)
– Jika Anda sudah memutuskan untuk memiliki produk ini, agar tidak kehabisan silahkan hubungi (berikan nomornya)

Tips dalam menulis CTA

1. Satu Perintah
Dalam satu copywriting, hanya boleh ada satu perintah.
Jangan terlalu banyak arahan, nanti bukannya beli, malah bingung, hehe

2. To the point dan jelas
Kalau minta hubungi, beritahu kemana harus menghubunginya
Jika meminta membalas pesan, harus jelas formatnya
Buat sesimpel mungkin, dan jelas.

Jika CTAnya tidak jelas, maka Copywriting Anda hanya sekedar tulisan yang menarik tanpa berhasil mencetak penjualan. ๐Ÿ˜ฌ

Dan sekarang bagian terakhir adalah NB

NB

NB adalah catatan di akhir copywriting. Biasanya berisi 1 atau 2 kalimat.
Tujuannya untuk menambah keyakinan pembaca copywriting untuk melakukan sesuatu.

Frasanya seperti ini

– Oh ya, Saya hampir lupa mengatakan bahwa . . .
– Dimana lagi. . .
– Saya sudah bilang belum kalau saat ini sudah. . .
– Silhakan lihat jam Anda, karena . .

Contohnya

– Oh ya, Saya hampir lupa mengatakan bahwa promo ini akan di tutup kurang dari 24 jam, itu artinya kesempatan langka ini hanya tinggal sebentar lagi

– Dimana lagi Anda bisa dapatkan kesempatan spesial ini kecuali hanya disini

– Saya sudah bilang belum kalau saat ini sudah resmi terdaftar 35 orang, 5 orang lagi maka kuota workshop ini akan penuh

– Silahkan lihat jam Anda, karena pukul 20.00 WIB pendaftaran akan resmi di tutup. Silahkan selesaikan registrasi sebelum waktunya

Tips menulis NB

1. Buat singkat, to do point
Jangan terlalu panjang, selesaikan dalam 1 atau 2 kalimat. Namanya juga catatan, kalau tulisannya panjang itu mah namanya Koran, hehe

Nah, itulah Frasa yang bisa Anda gunakan untuk mulai menulis copywriting Anda.

Saya sudah laungkan 1 hari ini spesial khusus untuk Anda, cieeee. ๐Ÿ˜†
Seharusnya, saat ini Anda minimal sudah bisa menulis copywriting dengan cara mencontoh frasa-frasa tersebut. Cobain deh. ๐Ÿ˜‡๐Ÿ‘

Oh ya, karena Saya terlalu baik (Hahaha, narsis lagi) ๐Ÿ˜‹
Saya akan berikan satu contoh bagaimana cara menggabungkan semua frasa ini agar jadi satu copywritng utuh.

Hm. .
Misal Saya ingin memasarkan program belajar di entrepreneurID
(Misal lho ya, jangan dianggap Saya jualan. Saya gak jualan, Saya lagi berbagi ke Anda, hehe) ๐Ÿ˜Š

(1) Sekarang Anda bisa menghasilkan lebih banyak uang dari bisnis yang Anda miliki

(2) Jadi ceritanya, banyak orang curhat ke Saya bahwa bisnis mereka bermasalah.

Mereka mengatakan bahwa mereka kesulitan menjual produknya.
Ada juga yang cerita kalau sering dapat calon pembeli yang hanya tanya-tanya tapi tidak membeli.
Atau ada juga yang cerita bulan berganti bulan, tapi hasil jualannya tidak ada peningkatan.

Memang, bisnis penuh dengan tantangan.

(3) Oleh karena itu, biasanya Saya merekomendasikan kepada yang curhat ke Saya untuk belajar bisnis di entrepreneurID aja.

Manfaatnya banyak.
Ilmunya aplikatif, materinya runut, penjelasannya mudah dicerna, dan kalau bingung bisa konsultasi.

Nanti belajar banyak hal.
Mulai dari mindset bisnis, ilmu penjualan, bahkan sampai cara meningkatkan penghasilan.

Mau?

(4) Beruntungnya. .
Untuk yang daftar sekarang akan dapat Diskon Spesial.
Jadi hemat Rp. 100.000 dari biaya normalnya.

(5) Sampai detik sudah 10.000 lebih orang yang resmi terdaftar sebagai peserta.

Syukurlah, beberapa laporan kalau
– Sekarang sudah punya gambaran cara memulai bisnis dengan baik seperti apa
– Bisnisnya semakin berkembang
– Awalnya kesulitan keuangan, sekarang bisa memiliki penghasilan rutin senilai jutaan

(6) Lalu cara daftarnya bagaimana?

Silahkan balas pesan ini dengan (SAYA SIAP BELAJAR BISNIS), nanti Saya akan bantu mendaftarkan Anda

(7) Oh ya, hampir lupa, potongan biaya pendaftaran hanya berlaku sampai akhir bulan saja ya. Jika ingin hemat dan merasakan banyak manfaat, maka waktu terbaik adalah daftar sekarang

Itu Copywriting singkat yang di buat secepat kilat dari frasa-frasa yang Saya berikan ke Anda, hehe

(1) adalah Headline
(2) adalah pengantar
(3) adalah Detail Manfaat
(4) adalah Penawaran
(5) adalah Alasan
(6) adalah CTA
(7) adalah NB

Sekarang, Saya yakin Anda sudah punya gambaran membuat iklan. Syukurlah. ๐Ÿ™‚

Silahkan gunakan frasa yang Anda dapat diprogram ini, halal, hehe.

Jangan lupa untuk terus mengasah kemampuan.
Selalu tes dan ukur hasil iklan yang Anda buat.

Nanti akan tiba masanya Anda jadi ahli dan iklan menjadi semakin profesional.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copyright © 2024, Design By Yacob Tarigan