Hari ini kita lanjut belajar lagi yuk.
Kita masuk ke materi ketiga
Gimana?
Materi semalam sudah dipelajari kan??
Dimateri kedua, Saya sudah menjelaskan kepada Anda bahwa menulis iklan itu ada susunannya.
Jika kita ikuti susunan tersebut, iklannya jadi lebih teratur dan tulisannya jadi lebih enak dibaca.
Kita mengenal susunan tersebut dengan sebutan Elemen Copywritng,
Jika boleh sedikit mengulang, maka Elemen Copywriting yang Saya bagikan semalam itu urutannya. 👇
(1) Mulai dengan headline yang memancing penasaran.
(2) Kemudian tuliskan kalimat-kalimat pengantar agar pembaca tidak risih dengan pesannya.
(3) Setelahnya, mulai jelaskan detail manfaat produk atau jasa yang ditawarkan.
(4) Cantumkan penawaran yang kuat.
(5) Lalu berikan alasan kenapa produknya harus dibeli sekarang bukan nanti-nanti.
(6) Arahkan pembaca untuk melakukan sesuatu.
(7) Dan tutup pesannya dengan catatan, untuk meyakinkan pembaca agar segera mengambil keputusan.
Untuk yang selama ini bingung cara menulis copywriting, maka diawal-awal menulis, bisa pakai urutan diatas untuk menulis iklannya.
Jika rajin latihannya, nanti lama kelamaan akan semakin mahir koq 😊
Sayangnya,
Walaupun sudah di beritahu seperti itu, masih ada juga yang merasa menulis itu susah, padahal di coba saja belum, hehe
Waduh. 😅
Mereka mengatakan. .
”Praktik tidak semudah teorinya”
”Masih bingung nih harus nulis apa”
Baiklah baiklah. .
Karena Saya pengertian, maka Saya akan berikan contekannya, hehe 😋
Anda tinggal contek kalimat-kalimat dibawah ini
Ganti sesuai kebutuhan Anda
Dan ikuti tipsnya
Saya menyebut contekan ini dengan Frasa Copywriting
Frasa adalah kalimat dengan susunan tertentu.
Jadi Anda ikuti saja kalimat-kalimat yang Saya bagikan ini, maka Anda akan bisa menulis copywriting semudah mengisi teka teki silang.
Perlu mikir sedikit aja, hehe
Kita mulai ya. .
Jadi, Karena Elemen Copywriting itu ada 7, maka Saya akan jabarkan frasa yang digunakan disetiap elemen.
Baik kan Saya? (haha, narsis) 😆
Element Copywriting
(1) Headline
(2) Pengantar
(3) Detail Manfaat
(4) Penawaran
(5) Alasan
(6) CTA
(7) NB
FRASA HEADLINE
Headline adalah kalimat pertama dalam iklan Anda.
Jika headlinenya menarik dan memancing penasaran, maka orang akan membaca iklan Anda, jika headlinenya biasa-biasa saja, maka orang lain tidak akan melirik.
Frasa yang bisa Anda gunakan
– Inilah . . .
– Siapa lagi . . .
– Bagaimana . . .
– Rahasia . . .
– Sekarang . . .
– Untuk Anda. . .
– X cara . . .
– Pernah . . .
– Saya. . . Anda. . .
– Mau . . .
– Miliki . . .
Contohnya 👇
– Inilah cara yang terbukti ampuh mendapatkan 10 juta perbulan rutin tanpa perlu repot ke kantor
– Siapa lagi yang ingin turun berat badan 7 kg dalam 2 minggu?
– Bagaimana cara memiliki rumah dengan cepat walau penghasilan pas-pasan
– Rahasia Chairul Tanjung membangun kerajaan bisnisnya
– Sekarang Anda bisa menghemat sampai 1 juta perbulan dengan cara sederhana ini
– Untuk Anda yang memiliki Balita di rumah
– 3 Cara mudah yang bisa Anda lakukan agar terlihat lebih muda dari usia sebenarnya
– Pernah kehilangan motivasi? ini cara mengatasinya
– Saya bocorkan ke Anda rahasia jalan-jalan keluar negeri murah bahkan nyaris Gratis
– Mau memiliki penghasilan lebih banyak dari sebelumnya?
– Miliki produk senilai Ratusan ribu, cukup bayar setengahnya
Jadi, tinggal sesuaikan frasanya dengan kebutuhan Anda. 😁
Selain frasa, ini Saya juga berikan tips dalam membuat headline
1. Gunakan kata perangsang
Kata-kata ini untuk membuat pembaca tertarik membuka iklan Anda, karena mereka merasa akan mendapatkan sesuatu yang bermanfaat.
Contoh kata-katanya seperti
– Gratis
– Bonus
– Hemat
– Hadiah
– Spesial
– Praktis
– Mudah
– Lebih
dan sejenisnya
2. Cantumkan angka yang spesifik.
Sebutkan nominalnya, jangan ribuan, jangan ratusan.
Spesifik akan memancing kepercayaan pembaca. Apalagi jika nominalnya besar.
Semakin besar, semakin membuat orang lain mudah percaya
3. Perkecil hambatan.
Ini akan membuat apa yang ingin Anda tawarkan jadi sangat menarik. Tutup kalimat dengan menambahkan kata “Hanya”, “Walaupun”. “Tanpa”, “Meskipun”, dan sejenisnya
4. Selipkan nama tokoh terkenal
Jika memungkinkan, sebutkan nama tokoh yang di kenal oleh target pasar Anda.
Semakin terkenal, semakin bagus efeknya untuk iklan Anda.
Jangan sebutkan nama tokoh yang tidak mereka kenal, karena itu tidak ada efeknya, hehe 🤭
5. Gunakan kata “Ini”
Disadari atau tidak, kata “ini” pada headline mengandung unsur misterius, dan membuat pembacanya penasaran, dibuka deh iklannya, hehe.
6. Ngena banget
Buat pembaca Anda berkata “Ini Gue banget” ketika membaca headline Anda.
Jika Anda bisa melakukan itu, maka dia akan membaca kalimat-kalimat berikutnya dengan fokus, hehe.
Oke, itulah tentang Headline. .
Saya sudah berikan 9 Frasa untuk Anda.
Tinggal diteruskan saja.
Mudah kan??
Seperti main game.
Sudah ada contekannya, Anda tinggal lengkapi kalimatnya, hehe. 😁
Sekarang kita masuk ke Elemen kedua
PENGANTAR
Setelah headline, apa yang harus dilakukan??
Jawabannya adalah lakukan 2 hal
Pertama, buat pembacanya betah untuk terus membaca.
Kedua yang perlu dilakukan adalah mempengaruhi pembacanya.
Untuk melakukan ini, Anda bisa menggunakan strategi-strategi di bawah ini
– Gunakan cerita
– Sajikan fakta-fakta
– Tampilkan hasil riset
– Berikan pertanyaan
– Ceritakan latar belakang
– Kasih sapaan
Pilih salah satu saja, karena jika di campur-campur nanti jadi aneh, hehe 😅
Frasa yang bisa Anda gunakan
– Jadi ceritanya . . .
– Kita sama-sama tahu bahwa . .
– Menurut riset dari . . .
– Apakah . . .
– Sejak . . .
– Halo. . .
Contohnya jadi seperti ini
– Cerita
Jadi ceritanya kemarin ada kejadian seru saat Saya jalan-jalan di Mall. (lanjutkan copywritingnya)
– Fakta
Kita sama-sama tahu bahwa penduduk Indonesia itu jumlahnya ratusan juta. (lanjutkan copywritingnya)
– Riset
Menurut survey dari hubspot, 80% calon pembeli butuh di follow up, tapi sayangnya, hanya sedikit penjual online yang melakukan itu. . (lanjutkan copywritingnya)
– Pertanyaan
Apakah Anda merasakan kenaikan harga-harga bahan pokok akhir-akhir ini? . (lanjutkan copywritingnya)
– Latar Belakang
Sejak pertama kali entrepreneurID di dirikan, kami berkomitmen untuk memberikan manfaat kepada sebanyak-banyaknya pengusaha pemula yang membutuhkan bantuan. (lanjutkan copywritingnya)
– Sapaan
Halooo. . . Tidak terasa sudah akhir bulan nih. Ngomong-ngomong tentang akhir bulan, itu artinya sebentar lagi gajian nih. (lanjutkan copywritingnya)
Dapat gambaran yah, gimana cara membuat kalimat pengantar 😊
Dan ini ada tips dalam membuat kalimat pengantar
1. Wajib nyambung
Maksudnya nyambung antara headline dengan produk yang akan kita tawarkan. Kalau kalimat pengantarnya gak nyambung, iklannya jadi aneh, hehe.
2. Gunakan kata penghubung
Agar enak dibaca, antara satu kalimat dengan kalimat lainnya, maka gunakan kata-kata seperti :
– Karena itu . . .
– Jadi . . .
– Itu artinya . . .
– Kesimpulannya . . .
– Jika begitu . . .
– Yang ingin Saya sampaikan adalah . . .
Dan sejenisnya
3. Buat pembaca setuju minimal 3 kali
Tulislah kalimat yang memancing anggukan pembaca.
Jika mereka setuju minimal 3 kali, maka Anda akan mudah mempengaruhi mereka untuk membeli produk Anda.
Sssttt. . . itu rahasianya, hehe 🤫
4. Sampaikan dengan menarik
Jangan terlalu kaku, berlatihlah membuat pembaca asik dengan tulisan Anda.
Anda juga bisa gunakan emot pada tempatnya.
Ingat, pada tempatnya ya, kalau terlalu banyak emot nanti malah terlihat alay bin lebay, hehe 😅
5. Runut
Alias antara kalimat satu dengan kalimat lainnya seperti satu ke satuan. Semakin dibaca, pembacanya semakin terhanyut dalam tulisan Anda.
Jujur saja, menulis kata pengantar sebelum menjelaskan produk ini memang menantang.
Anda perlu mencari tema yang pas, kreativitas Anda diuji, dan banyak tantangan lainnya.
Inilah kenapa banyak yang merasa menulis copywriting itu susah.
Karena itulah dimateri pertama, Saya mengarahkan Anda untuk mencari banyak informasi tentang copywriting seperti dari buku, atau dari kursus online, atau dari workshop, minimal dari informasi gratis seperti google, atau youtube.
Jujur saja,
Kata guru Saya. . .
Belajar copywriting itu tidak ada ruginya.
Karena dengan belajar copywriting secara tidak langsung kita sedang menambah saldo rekening kita.
Koq bisa??
Guru Saya melanjutkan.
Karena copywriting itu bersentuhan langsung dengan dunia penjualan.
Dan dalam bisnis, jualan adalah pintu masuknya uang.
Semakin laris hasil jualannya, maka semakin banyak uang yang diterima.
Logika diatas masuk akal untuk Saya.
Dan inilah yang bisa Saya pesankan ke Anda.
“Mengejar ilmu Copywriting, itu menambah saldo Rekening”
hehe 😁
Dengan belajar, maka Anda semakin ahli.
Keluar uang untuk belajar copywriting, paling hanya sekian ratus ribu.
Tapi kalau ilmunya benar-benar dipraktikan, maka bisa dapat berjuta-juta.
Investasi ratusan ribu, dapat jutaan. Untung atau untung banget?
hehe
Keluar uang sekali, ilmunya dipakai berkali-kali.
Oh ya, dapat transferannya berkali
Saya akan sampaikan frasa elemen ketiga
DETAIL MANFAAT
Inilah bagian untuk menjelaskan produk Anda kepada pembaca.
Tapi sebelum itu, jika produk Anda tidak dikenal, maka sebelum menjelaskan manfaatnya, Anda perlu mengenalkan produknya.
Ya, kenalkan dulu, lalu jelaskan.
Jangan sampai salah, karena dalam copywriting, kalau gak kenal, maka gak beli, hehe.
Cara mengenalkannya bagaimana??
Anda bisa gunakan Frasa ini
– Perkenalkan (Nama Produk)
– Untung ada (Nama Produk)
– Karena alasan itulah (Nama Produk) ada
– Tenang, sekarang ada (Nama Produk)
Anda beritahu nama produknya, jelaskan itu produk apa, dan jelaskan hal-hal yang berhubungan dengan produk.
Setelah mengenalkan produknya, maka mulai jelaskan manfaatnya.
Frasa yang bisa dipakai seperti
– Inilah yang akan Anda rasakan saat . . .
– Otomatis akan dapat . . .
– Sebelum . . . ketahui dulu manfaat dari . . .
Contoh penerapannya seperti ini
– Di antara banyak manfaat vitamin ini, ada 5 manfaat utama yang perlu Anda ketahui. Dan inilah yang Akan rasakan saat rutin menkonsumsinya. (sebutkan poin-poin manfaatnya)
– Ketika seseorang ikut belajar di salah satu program entrepreneurID. maka orang tersebut otomatis akan dapat ilmu yang keren, aplikatif bisa langsung digunakan, dan tentunya bermanfaat untuk bisnis mereka
– Sebelum Anda daftar peluang emas ini, ketahui dulu manfaat dari bergabung menjadi reseller Saya (sebutkan poin-poin manfaatnya)
Tips dalam menulis Detail Manfaat
1. Sebutkan dalam poin-poin
Agar terlihat enak dibaca, sebutkan manfaatnya dalam poin-poin. Minimal 4 dan maksimal 7 poin. Jika terlalu banyak, nanti seperti ngecap, hehe
2. Sebutkan 3 manfaat dalam 1 kalimat
Ini akan memberikan kesan bahwa produk Anda memiliki banyak kegunaan dan terlihat lebih menarik.
3. Menyentuh Ketakutan Pembaca iklan
Pastikan poin-poin atau manfaat yang Anda tuliskan dalam iklan Anda bisa menghilangkan masalah calon pembeli ketika mereka menggunakan produk Anda.
Okay, tidak terasa Saya sudah sampaikan banyak hal ke Anda. Lumayan lumayan, hehe
Sekarang, Anda bisa coba frasa-frasa diatas untuk membuat copywriting Anda sendiri.
Silahkan coba berlatih menulis headline sampai detail manfaat produk Anda 😊