MATERI #1..Apa Itu Copywriting ???

MATERI #1..Apa Itu Copywriting ???

Seperti yang kita tau bersama,
Dalam bisnis, promosi itu perannya sangat penting.

Promosi membuat orang lain mengenal produk kita, membeli, dan disatu titik, promosi bahkan bisa membuat hasil jualan kita MELONJAK seketika.

Jika hasil jualan kita semakin banyak, itu artinya semakin banyak uang yang masuk ke bisnis kita.
Dan biasanya, semakin banyak uang yang masuk, itu artinya semakin banyak penghasilan yang kita dapatkan.
Iya atau iya?? hehe

Bayangkan ketika Anda berhasil menjual 10 produk dalam satu hari, lalu bandingkan di hari lainnya Anda berhasil menjual 100 produk dengan harga satuan yang sama.
Mana yang hasilnya lebih banyak??
Saat Anda berhasil menjual 10 produk atau 100 produk??

Saya rasa jawaban semua orang akan sama.
Semakin banyak yang berhasil dijual, semakin banyak yang hasil yang bisa dibawa pulang.

Karena hal inilah kita harus sadar bahwa promosi itu penting dalam perjalanan bisnis kita.

Disadari atau tidak, barusan Saya menjelaskan bahwa promosi itu secara tidak langsung berpengaruh ke penghasilan Anda.

Nah, ngomong-ngomong soal promosi, maka kita akan selalu bertemu dengan sesuatu yang namanya ikan.
Eh, maksudnya iklan, hehe 😆

Tau kan iklan itu apa?

Ya pasti tau lah, gak mungkin gak tau.
Zaman sekarang kalau gak tau iklan, mungkin tinggalnya dalam goa, hehe 😅

Tapi agar pemahaman kita sama, maka Saya akan mejelaskan pengertian tentang iklan.

Jadi, iklan adalah suatu pesan tentang barang atau jasa yang disampaikan lewat suatu media.
Tujuan iklan adalah agar orang menjadi tertarik untuk membeli atau menggunakan produk yang di iklankan.

Dalam bisnis agar bisa membuat iklan yang bagus, kita bisa menempuh 2 cara.
Pertama adalah membuat sendiri iklannya, yang kedua adalah menyewa jasa profesional untuk membuatkannya.

Dari 2 pilihan ini, ternyata kebanyakan pebisnis menempuh jalan pertama.
Ya wajar saja, meminta orang lain membuat iklan, butuh nominal senilai jutaan.
Banyak yang berfikir, uang sebanyak itu, lebih enak dibuat makan-makan, daripada diberikan ke orang lain, hehe.

Masalahnya,
Saya menemukan banyak sekali teman-teman yang masih merasa kesulitan dalam membuat iklan sendiri.
Terutama yang berkecimpung di bisnis online.

Curhat mereka,
Menulis iklan itu sulit
Atau ada juga yang curhat sudah capek-capek nulis iklan, eh jangankan dapat pembeli, yang tanya-tanya aja gak ada
Apakah ini yang juga Anda alami?
🤔

Jika ya, Saya akan coba berikan solusinya lewat program ini.

Saya percaya bahwa segala masalah pasti ada solusinya.
Dan untuk masalah diatas, salah satu solusi yang bisa Saya tawarkan adalah sebuah ilmu.

Ilmu ini di sebut dengan ”Menulis Copywriting”

Sebagian mungkin sudah akrab dengan ilmu ini, dan mungkin sebagian belum.
Nah, agar adil, maka Saya akan jelaskan dari awal saja ya. 😇

Untuk yang sudah paham, mungkin ini bisa jadi pengingat bersama.
Dan untuk yang belum paham, ini bisa jadi kesempatan memahami ilmunya dari awal.
Akur, hehe

Apa itu Copywriting?

Menurut Bunda Wikipedia, Copywriting adalah. . .
Written content conveyed through online media and print materials. Copy is content primarily used for the purpose of advertising or marketing.
This type of written material is often used to persuade a person or group as well as to raise brand awareness.
The ultimate goal of copy is to get the reader to take a particular action.

Eh, maaf, koq jadi bahasa inggris, hehe.

Inti versi bahasa inggrisnya seperti itu, nah versi bahasa tarzannya . . .
Copywriting adalah tulisan yang disampaikan melalui media Online atau media cetak yang biasa digunakan untuk memasarkan sesuatu.
Tulisan itu untuk mempengaruhi dan meyakinkan satu atau sekumpulan orang terhadap suatu produk.
Goal utama dari tulisan ini adalah untuk membuat pembacanya melakukan suatu hal yang spesifik.

Perhatikan kalimat diatas.
Jika diambil poin-poinnya, Copywriting itu 👇
1. Tulisan
2. Memasarkan
3. Mempengaruhi dan meyakinkan
4. Membuat pembacanya melakukan sesuatu

Jadi, terjemahan simplenya.

Copywriting adalah tulisan yang digunakan untuk memasarkan sesuatu dengan cara mempengaruhi dan meyakinkan, agar siapapun yang membaca tulisan itu melakukan sesuatu.

Ngomong-ngomong melakukan sesuatu itu, melakukan apa sih??

Ya banyak. . . dengan copywriting.
– Kita bisa mengedukasi orang yang tidak paham produk kita, jadi paham apa yang kita jual.
– Kita bisa membuat orang yang cuek dengan produk yang kita jual jadi tertarik.
– Kita bisa membuat seseorang membeli produk kita tanpa menunda.
– Kita bisa membuat seseorang membeli berulang-ulang kali kepada kita.
– Kita bisa memasarkan produk kita lebih mudah, dan banyak hal lain-lainnya.

Copywriting menarik kan untuk dipelajari? 🤗

Bahkan seorang guru pernah menyampaikan.
”Mustahil seseorang bisa jualan online laris manis, tanpa menguasai Copywriting”

Banyak orang, telah berhasil mencapai omzet ratusan juta dengan relatif cepat karena mereka menguasai ilmu copywriting.

Jadi kesimpulannya. . .
Mempelajari Copywriting itu PENTING pakai BANGET, hehehe

Pertanyaannya sekarang,
Kalau mau belajar copywriting harus mulai dari mana??

Mulai saja dari membaca terus pesan Saya ini, hehe
Saya akan jelaskan pelan-pelan.

Banyak orang berfikir, inti dari copywriting adalah jualan.
Pokonya jualan !
Pokoknya harus dapat pembeli !
Pokoknya harus dapat transferan !

Berfikir seperti ini boleh saja, tapi mari lihat dari sudut pandang yang lain.

Yang Saya pahami. . .
Pada dasarnya, copywriting adalah PENGGANTI KOMUNIKASI

Jika kita terbiasa berkomunikasi dengan lisan atau berbicara langsung.
Maka dalam dunia copywriting, komunikasi dilakukan dengan tulisan.

Ya, kita menyampaikan sesuatu dengan tulisan.
Kita memasarkan produk kita dibantu dengan tulisan.

Nah, dalam prinsip komunikasi, komunikasi yang baik adalah ketika orang lain PAHAM apa yang kita sampaikan.

Perhatikan kata yang Saya tulis tebal diatas, karena itu kata kuncinya.

Inilah alasan kenapa banyak orang gagal membuat copywriting. Gagal menjual produk mereka.

Mohon maaf, kebanyakan orang hanya menulis secara asal, tidak berusaha membuat pembacanya paham dengan apa yang mereka jual.

Padahal,
Bisa jadi orang lain tidak beli produk kita, bukan karena mereka cuek.
Bisa saja mereka tidak beli, karena mereka tidak paham dengan apa yang sebenarnya kita jual

Karena itu, saat Anda membuat iklan, yang Anda harus lakukan pertama kali adalah berusaha untuk membuat pembaca iklan Anda paham dengan apa yang Anda tawarakan.

Setidaknya untuk mengerti hal ini, ada 3 prinsip yang bisa kita ingat

Pertama,
Jika produk kita tidak dikenal, maka orang lain otomatis akan menolaknya.

Kedua,
Jika orang yang kita juali tidak paham dengan detail manfaat produknya, maka mereka akan mengatakan harganya mahal

Ketiga,
Semakin detail penjelasan kita, semakin besar kemungkinan produk kita dibeli.

Jadi, ketika Anda iklan, dan ingin produk Anda tidak ditolak, tidak dianggap produknya mahal, dan ingin dapat pembeli, maka berusahalah membuat orang lain kenal produk Anda, buat calon pembeli paham dan buat calon pembeli mengerti tentang produk Anda.

Setelah Anda membaca sampai sini, maka Anda sekarang mengerti bahwa membuat orang paham dengan apa yang kita tuliskan adalah inti dari Copywriting.

Lantas bagaimana caranya?

Sabaaaarrr, hehe 😋

Untuk bisa membuat Anda menulis iklan yang menghasilkan, Saya akan sampaikan bertahap di 5 materi berikutnya.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copyright © 2024, Design By Yacob Tarigan